Printer Dot Matrix Generasi Terbaru dari Epson

Printer Dot Matrix Generasi Terbaru dari Epson - Masih ingat dengan printer yang tidak menggunakan tinta seperti sekarang ini? Ya, itu adalah printer dot matrix yang menggunakan pita karbon dan jarum sebagai media cetaknya. Tapi seiring dengan majunya teknologi printer dengan hadirnya teknologi inkjet dan laser seolah-olah telah menenggelamkan kehandalan printer dot matrix yang sudah melegenda ini.

Tapi tahukan anda? Bahwa ternyata, di beberapa instansi, printer dot matrix ini tetap masih menjadi idola. Saya masih ingat ketika masih merantau di Jogja, banyak isntansi yang berburu printer dot matrix second dan mau membayar dengan harga mahal. Sampai sekrangpun, printer dot marix tetap masih digunakan oleh beberapa isntansi baik pemerintah maupun swasta. Salah satu kelebihan yang menjadi alasan mereka tetap menggunakan printer dotmatrix, yaitu bisa mencetak dobel dengan menggunakan kertas karbon.

Nah peluang ini ternyata tidak disia-siakan oleh Epson. Baru-baru ini Epson mengeluarkan pringer dot matrix generasi terbaru dengan seri LX-310 dan LQ-310 yang merupakan generasi penerus dari LX-300+II dan LQ-300+II yang sempat laris manis dipasaran, selain itu LX-800 juga pernah populer di tahun 90-an sehingga menjadi legenda. Lalu apa saja kelebihan yang disuguhkan oleh printer dot matrix generasi terbaru ini.

Di kedua seri terbarunya ini Epson memperbesar kapasitas memori input data (buffer) yang kini mencapai 128KB, 2x lipat lebih besar dibandingkan pendahulunya. Hal ini memungkinkan printer LX-310 (9-pin) dan LQ-310(24-pin) mencapai kecepatan cetak masing-masing 337 dan 416 karakter per detik atau 40% lebih cepat dibandingkan model lawas.

Epson LX-310 dan LQ-310 juga diklaim memiliki tingkat keandalan 67% lebih tinggi dari model dot matrix lama yang memang dikenal bandel. Kedua printer model baru ini mempunyai masa pakai (mean time before failure - MTBF) sekitar 10.000 jam, lebih tinggidibandingkan dengan model terdahulu yang memiliki 6.000 jam.
 
Harga awal untuk Epson seri LX-310 adalah Rp 2.257.000 dan seri LQ-310 Rp 2.630.000 (diluar pajak). Printer yang mengkonsumsi daya hanya 27 watt ini hadir denagn koneksi USB 2.0 namun juga tetap memunculkan LPT1 (paralel) agar kompatibel dengan perangkat model lama.