Semua File dan Folder Pada Flashdisk Menjadi Exe

Semua File dan Folder Pada Flashdisk Menjadi Exe - Itulah yang terjadi pada falshdisk isteri saya beberapa saat lalu. Mungkin anda juga pernah mengalaminya. Semua file dan folder pada falshdisk menjadi exe atau aplikasi. Nah, ini adalah indikasi bahwa flashdisk anda sudah terinfeksi virus. Jadi, ketika anda melihat semua file dan folder menjadi exe jangan coba-coba untuk membukanya. Kalau itu anda lakukan, maka virus akan menyebar menjangkiti system komputer anda. 

Bagaimana cara mengetahuinya? Untuk mengetahui apakah file dan folder menjadi exe atau tidak silalakan anda gunakan opsi detail pada windows explorer anda. Silakan anda klik pada icon pojok kanan atas (Change Your View) klik detail. 

Lihat dengan teliti pada bagian Type maka disitu akan tertulis Aplication, nah itu artinya apa yang anda lihat bukan file dan folder anda sebenarnya. Itu hanya virus yang menyamar sebgai file dan folder anda, sedangkan file dan folder asli sudah disembunyikan oleh virus dengan cara super hiden. Bagaimana cara mengatasinya? 

Cara pertama yang kita lakukan adalah mengembalikan file dan folder asli yang sudah disuper hiden oleh virus. Caranya sangat mudah, kita akan menggunakan DOS atau Command Prompt. Silakan anda ketik CMD pada Start - Search Program and File kemudian tekan Enter (Windows 7). Pertama DOS terbuka kita akan berada pada C:\user\foler. Silakan anda mauk pada drive dimana flashdisk anda berada. Misal, drive H, maka silakan ketik h: enter. Pada drive H, silakan anda ketik bari command ini :
ATTRIB -S -H -R *.* -S -D
Tunggu beberapa saat, sampai kursor kembali pada drive H. Sekarang silakan bukan flashdisk anda pada windows explorer. Eng ing eng.... semua file dan folder sudah kembali terlihat. Tapi sayang masih bercampur dengan file-file virus. Lalu bagaimana cara menghilangkan file virus tersebut.

Silakan anda ketik kolom search windows explorer *.exe (untuk memfilter agar yang muncul hanya file berekstensi exe saja). Setelah muncul, silakan anda blog semua kemudian tekan delet. Nah, sekarang file virus sudah bersih dari flasdisk anda.

Oh ya, anda yang terlewat nih. Virus yang menjangkiti flasdisk anda adalah virus porn.exe, secret.exe, x-mpeg. Kalau anda teliti pada langkah sebelum menghapus file virus, maka anda akan menemukan file-file exe tersebut.

Langkah di atas haya untuk menghilangkan virus porn.exe pada flashdisk, sedangkan jika anda ingin menghilangkan virus yang sudah menjangkiti system komputer anda, saya sarankan menggunakan Anti Virus AVG. Pada kasus di atas saya juga menggunakan Anti Virus AVG 2013. Kalau anda belum memilikinya, silakan anda download AVG 2013 full version di sini. Selain itu saya juga menggunakan USB Disk Security, silakan anda download usb disk securitu full version di sini.

Oke, itu aja dulu deh yang bisa saya share. Terus tarang saya merasa kesulitan untuk share ini, karena pada saat saya mengalami kasus di atas lupa tidak mengambil screen shootnya. Sehingga saya harus mencari referensi gambar dari blog lain yang kurang pas dengan pengalaman pribadi saya.