Panduan Teknisi Laptop Seri Mengenal Bagian-Bagian Laptop

Panduan Teknisi Laptop Seri Mengenal Bagian-Bagian Laptop | Menjadi teknisi komputer sepertinya belum lengkap kalau belum bisa menjadi teknisi laptop. Memang, untuk menjadi teknisi laptop sedikit lebih memiliki tantangan daripada hanya menjadi teknisi komputer PC. Seperti kita ketahui, laptop memiliki bagian-bagian atau elemen-elemen yang ukurannya lebih kecil dibanding dengan elemen-elemen yang terdapat pada PC desktop. Selain itu desain laptop yang ramping juga memberikan sedikit kesulitan pada kita yang ingin membongkar-bongkar bagian-bagian laptop tersebut. Belum lagi ditambah dengan mahalnya sparepart laptop, sehingga kalau terjadi kesalahan pada saat melakukan operasi laptop dan berakibat kerusakan hardware akan menguras kantong kita. Nah, untuk melakukan itu semua benar-benar membutuhkan keberanian. Eit, tapi keberanian saja tidak cukup, kalau berani tanpa perhitungan matang namnaya nekad, mending banting aja tuh laptop. Hehehe.... 

Berikut adalah salah satu bagian dari materi yang diajarkan dalam ebook tersebut, yaitu mengenal bagian-bagian laptop. Materi ini sangat penting sebagai panduan awal untuk menjadi seorang ahli teknisi laptop. Oke, mari kita bahas Panduan Teknisi Laptop Seri Mengenal Bagian-Bagian Laptop.
Bagian Laptop 
System Board (Motherboard)
System Board adalah salah satu komponen utama pada sebuah laptop. Semua komponen internal terhubung ke system board ini. Komponen ini merupakan bagian laptop termahal.

Memory (RAM)
Makin banyak memori yang anda instal, makin bagus pula performa si laptop. Memori ini adalah salah satu komponen yang tidak tergantikan.

Hard Drive
Hard drive merupakan media penyimpanan utama untuk semua data dan informasi yang ada di laptop anda. Semua system file juga file pribadi tersimpan di dalamnya.

Processor (CPU)
Processor ini bisa dikatakan sebagai otak dari sebuah laptop. Semakin bagus CPU yang anda gunakan, semakin cepat pula pemprosesan data dan performa laptop anda.

Keyboard
Keyboard merupakan perangkat input yang paling utama.

CD/DVD Optical Drive
Drive CD/DVD memungkinkan anda untuk membaca/menulis data dari dan ke disk CD atau DVD.

Cooling Fan
Cooling fan atau kipas pendingin merupakan bagian dari cooling module pada sebuah laptop. Fan ini akan membantu anda untuk menurunkan suhu prosessor saat laptop digunakan.

Video Card (Graphic Card)
Video Card pada kebanyakan laptop, khususnya laptop keluaran terbaru, kini diintegrasikan ke system board. Jika video card mengalami kerusakan, maka anda harus menggati semua motherboard. Pada beberapa laptop, video card merupakan sebuah modul yang berlainan dan dapat diharus atau digantikan secara terpisah dari motherboard.

Audio Board (Sound Board)
Pada sebagian besar laptop, audio board ini menjadi bagian dari motherboard. Karenanya, semua komponen input/output audio board, seperti kontrol volume, jack mikrofon, dan jack headphone ini merupakan direktori yang disolder ke motherboard.

Wireless Network Card
Wireless Network Card akan membantu anda untuk terhubung ke koneksi internet tanpa harus menggunakan kabel.

Baterai CMOS (Baterai RTC)
Baterai CMOS menyediakan daya ke chip CMOS saat laptop dimatikan atau saat laptop dicabut dari stop kontak.

Layar LCD
Layar LCD merupakan salah satu bagian termahal dari sebuah laptop, setidaknya setelah system board. Layar LCD ini menempel di dalam panel tampilan (display panel). Jika suatu saat tiba-tiba layar LCD anda pecah, maka layarnya harus diganti. Anda tidak dapat mengembalikan/memulihkan kembali atau memperbaiki layar LCD yang pecah.

Screen Inverter Board (FL Inverter)
Inverter Board merupakan power supply untuk lampu backlight (lampu latar) di dalam layar LCD. Jika inverter ini mengalami kerusakan, maka layar LCD akan menjadi gelap dan pastinya anda tidak akan dapat melihat apapun pada layar. Pada sebagian besar laptop, inverter board ini menempel di dalam panel tampilan (display panel) dibawah layar LCD.

Screen Backlight Lamp (pipa CCFL)
Backlight lamp atau lampu latar ini merupakan sumber cahaya utama pada layar LCD. Backlight lamp menempel di dalam layar. Jika Backlight lamp ini mengalami kerusakan, maka anda harus mengganti seluruh layar LCD. Karena kenapa? Karena untuk mengganti lampu saja (yang menempel di dalam layar) kemungkinannya kecil, sangat sulit dan pastinya harus dilakukan oleh teknisi yang benar-benar ahli. Jadinya, daripada beresiko, lebih baik ganti saja keseluruhan layar LCD nya.

Kabel Layar (Kabel Video)
Kabel video ini akan menghubungkan layar laptop ke motherboard. Kabel video membawa sinyal data untuk layar LDC dan juga membawa daya untuk inverter board.

Web Kamera
Kini, sebagian besar laptop dilengkapi dengan web kamera. Web kamera ini sebenarnya tidak menyatu dengan layar LCD. Web kamera ini ditempatkan pada bagian yang terpisah dan dapat digantikan secara terpisah dari LCD.

Screen Hinges
Screen Hinges atau engsel layar ini berfungsi untuk menghubungkan dua komponen utama laptop, yaitu display panel dan perakitan dasar (base assembly).

Power Adapter AC/DC
Power Adapter AC/DC memungkinkan anda untuk mengkonversi daya AC bertegangan tinggi dari sumber listrik utama ke daya DC bertegangan rendah yang tersedia pada laptop.

Baterai Utama
Baterai merupakan sumber daya laptop yang paling penting. Baterai ini akan terisi dayanya saat laptop dihubungkan dengan sumber listrik dan menjaga agar laptop anda tetap menyala saat charge laptop dilepas dari sumber listrik.