Tips Memilih Tinta Printer yang Baik

Tips Memilih Tinta Printer yang Baik adalah tips yang penting untuk anda ketahui. Tinta merupakan bagian penting dari sebuah printer, sebagus apapun printer, kalau tidak ada tintanya tentu tidak akan bisa mencetak. 

Selain memiliki peranan penting dalam sebuah printer, tinta juga memiliki peranan besar dalam mempengaruhi keawetan sebuah katrit/ cartridge. Anda tahu kan apa itu cartridge atau sering disebut katrit. Cartridge adalah komponen utama printer yang terdiri dari print head dan tanki penampung tinta. Di sinilah tinta ditampung dan disemprotkan memalui printhead. 

Kesalahan dalam memilih jenis tinta akan membuat prnthead mengalami penyumbatan, pengristalan, pengeringan dan lain sebagainya. Masalah-masalah tersebut akan mengakibatkan hasil cetak printer menjadi tidak maksimal. Biasanya hasil cetakan akap putus-putus, kabur, atau bahkan tidak mengeluarkan tinta sama sekali. Selain hal tersebut diakibatkan oleh panasnya printhead, juga diakibatkan oleh jenis tinta yang tidak cocok. Lalu bagimana cara memilih tinta yang baik untuk printer anda?

Cara memilih tinta printer yang baik
Menurut para ahli, mereka mengatakan bahwa tinta yang baik adalah yang tidak memiliki kandungan garam. Kandungan garam yang terdapat pada tinta akan mengakibatkan pengristalan dan penyumbatan pada printhead. Lalug bagaimana cara mengetahui apakah tinta memiliki kandungan garam atau tidak. Untuk mengetahuinya kita harus melakukan penelitian terlebih dahulu. Cara melakukan penelitiannya sederhana kok. Tidak harus memiliki pengetahuan tentang ilmu kimia yang tinggi.

Cara menguji tinta printer yang baik
Bahan - bahan : 
- Kaca datar
- Air suling / disebut aquades. Air ini murni H2O tidak tercampuri larutan mineral (seperti zat kapur, garam, timbal, dll). Bisa dibeli di toko kimia atau apotek.
- Tinta yang akan diuji tentunya….
 
Langkah-langkah pengujian :
Teteskan masing-masing 2 tetes / 1 : 1 (air suling & tinta) diatas kaca datar —> diamkan beberapa saat sampai mengering —> kemudian amati.
Jika terdapat kristal-kristal halus, maka tinta tersebut mengandung garam.
 
Nah demikian cara memilih tinta printer yang baik. Mohon maaf kalau di sini saya tidak merekomendasikan salah satu merek printer tertentu. Karena hal tersebut saya rasa kurang etis deh. Kecuali ada yang berani bayar. Saya pasti mengeluarkan motto BERANI MEMBELA YANG BAYAR. Hehehe...

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Tips Memilih Tinta Printer yang Baik

Terkait Tips Memilih Tinta Printer yang Baik



4 Komentar:

ane pakai alfa ink gan ? harganya 25rb perbotol...kira kira bagus kagak gan ?

yang jadi masalahnya saat membeli apa boleh nguji dulu sob. btw, makasih dulu tipsnya kawan. tambah ilmu baru nih akhirnya

Oh gt ya tapi kalo pas beli gak bisa harus di beli dulu.. Tipsnya bermanfaat mas. Bila ada waktu kunjung balik jg boleh. Ditunggu

This is a good site to spend time on .I just stumbled upon your informative blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your very well written blog posts. I will be your frequent visitor, that's for sure.

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.