Tips Sederhana Meningkatkan Penjualan Melalui Blog



Tips Sederhana Meningkatkan Penjualan Melalui Blog - Perkembangan blog yang dahulu hanya sebuah catatan harian atau diary online terus berkembang menjadi sebuah media berbagai ilmu pengetahuan dan pengalaman, bahkan kini blog berkembang menjadi media penjualan. Singkat kata, blog sudah ikut meramaikan pasar online baik skala nasional maupun internasional. 

Seiring berkembangnya dunia blog menjadi media jual beli atau online marketing, kemudian muncul berbagai macam teori bagaiman cara menjual produk via internet yang kemudian kita kenal dengan istilan internet marketing. Dari berbagai teori yang disampaikan oleh para pakar internet marketing, tujuannya adalah satu, yaitu bisa menjual produk via internet. Nah, menjual via internet bisa melalui media web, email, social media dan yang paling populer adalah via blog. 

Banyak sekali blogger-blogger Indonesia yang menjadikan blog mereka sebagai media untuk memperkenalkan produk mereka ke pasar global. Lalu apakah mereka berhasil menjual? Banyak yang sukses dan banyak juga yang gagal kemdian prustasi. hehehe......

Baiklah, agar tidak terlalu prustasi, berikut akan saya bagi tips sederhana meningkatkan penjualan melalui blog. Ingat ini adalah tips sederhana dan hanya cocok untuk pemula seperti saya. Karena hasilnya juga akan sangat sederhana sekali. 

Tips pertama adalah meningkatkan traffic blog. Pengunjung yang datang ke blog kita adalah para calon pembeli produk yang kita tawarkan di blog kita. Blog kita ibaratkan toko yang memajang barang jualan kita, maka kita tarik sebanyak mungkin orang untuk datang berkunjung ke toko kita. Perkara mereka mau membeli atau tidak, itu adalah urusan nanti. Logika yang harus kita gunakan adalah semakin banyak jumlah pengunjung blog atau semakin tinggi traffic blog, semakin besar peluang kita untuk bisa menjual. Apalagi kalau blog kita ikut sertakan dalam program PPC, maka traffic tinggi tersebu langsung terkonversi menjadi nilai uang. Wow!!!!

Tips kedua adalah pasang baner dan penawaran yang menarik. Media yang paling banyak digunakan untuk menjual produk adalah dengan memasang baner produk tersebut. Nah, untuk membuat tertarik para calon pembeli buat baner seapik dan semenarik mungkin dan pasang pada lokasi yang strategis. Kalau di blog, lokasi yang paling strategis adalah bagian header dan sidebar kanan. Ukuran baner yang ideal adalah 300 x 250 dan 720 x 90.

Tips ketiga adalah buatlah artikel yang relevan dengan produk yang dijual. Artikel yang relevan dengan produk yang kita jual terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan melalui blog. Apalagi kalau traffic blog sebagian besar datang dari mesin pencari seperti google. Usahakan mereka menemukan produk yang kita jual melalui mesin pencari google. Nah, artikel yang relevan dengan produk yang kita jual ini yang akan menjadi pemikat calon pembeli untuk datang ke blog kita dan melakukan transaksi. Misal, anda jualan obat-obatan, maka usahakan blog anda berisi tetang dunia kesehatan, tips-tips kesehatan, macam-macam penyakit dan lain sebagainya.

Tips keempat adalah mencintai dunia blogger. Dengan atas dasar rasa cinta, maka pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan. Saran saya jadikan menulis di blog sebagai hoby yang nantinya akan membawa hoki. Mengapa sih harus dengan rasa cinta? Ingat, tidak kesuksesan yang instan. Keberhasilan menjual produk memalui blog tidak serta merta datang begitu saja. Tidak detik ini anda membuat blog, kemudian sepuluh menit, satu jam atau bahkan satu minggu kemudian anda bisa sukses menjual. Semua butuh proses. Ibarat kita meniti tangga, maka laluilah satu persatu anak tangga-anak tangga tersebut. Nikmatilah setiap pijakan pada setiap anak tangga yang kita lalaui. Maka, untuk bisa mencapai puncak tangga tidak akan terasa capek apalagi membosankan.

Hmmm.... kayaknya udah dulu deh tips sederhana meningkatkan penjualan melalui blog yang saya share hari ini. Pasti anda kecewa. Pasti anda merasa tidak mendaptkan apa-apa dari tulisan ini. Saya sangat bangga, itu artinya ilmu anda tentang internet marketing sudah jauh melampaui apa yang ada dalam tulisan ini. Untuk itu, saatnya anda sekarang juga action. Jual apa saja yang bisa anda jual via internet. Kalau tidak punya produk, jual produk orang lain. Gemana caranya? Kita obrolin besok-besok lagi ya. Hehehe....