Tips Microsoft Excel Rumus Mencari Data Ganda (Duplikat)

Tips Microsoft Excel Rumus Mencari Data Ganda (Duplikat) ~ Pernahkan anda mengerjakan input data di microsoft excel dengan syarat tidak boleh ada data ganda? Kalau input datanya hanya sekitar 1 - 50 data mungkin masih bisa dilihat menggunakan mata telanjang atau dicek secara manual, nah bagaimana kalau seandaiknan datanya bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuah data. Wah, bisa-bisa mata kita rusak karena cek satu persatu data yang sudah kita input. 

Rumus mencari data ganda adalah sebuah rumus yang bisa kita jadikan sebagai indikator adanya data ganda dalam sebuah range data. Oke, jangan kepanjangan deh mukadimahnya, langsung aja kita bahas tentang rumus melihat data ganda atau duplikat pada microsoft excel.

=IF(MAX(COUNTIF(range;criteria))>1;"logika1";"logika2")
di atas adalah struktur rumus yang kita gunakan.df
penjelasan :
range        :  daerah yang akan diperiksa dari formula tersebut.
criteria         :  isinya sama dengan range.
tanda koma ( ; )       :  tergantung dari bahasa komputer yang digunakan, 
apabila formula tersebut tidak berhasil maka mungkin kesalahannya dari tanda ini, maka tanda titi koma ( , ) ganti dengan tanda koma ( , )
"logika1"        :  indikator 1 apabila terjadi duplikat ganda
"logika2"         : indikator 2 apabila tidak ada data ganda

Sekarang mari kita terapkan pada sebuah data sederhana seperti tampak pada gambar di bawah ini.
dari gambar di atas bisa kita lihat bahwa data yang akan kita uji adalah CELL A2 s.d CELL A14 (range data) sedangkan CELL B2 s.d CELL B14 adalah indikator yang kita munculkan (tempat formula atau rumus). Lihat juga rumus yang saya berikan kotak merah, agar lebih jelas, di bawah ini saya cantumkan contoh rumus tersebut.

=IF(MAX(COUNTIF($A$2:$A$13;$A$2:$A$13))>1;"GANDA";"OK")

Lihat pada range data, sengaja kita buat menjadi absolut, agar saat rumus dicopy tidak akan berpindah CELL.

Tips Microsoft Excel Rumus Mencari Data Ganda ini saya rasa sudah cukup jelas, silakan kalau anda merasa membutuhkan ini untuk langsung dicoba, agar anda langsung bisa melihat hasilnya, selain itu anda juga menjadi memiliki pengalaman dalam hal penerapan rumus mencari data duplikat ini.