Yuk Kita Mengenal 5 Macam Perangkat Jaringan Komputer



Yuk Kita Mengenal 5 Macam Perangkat Jaringan Komputer | Jaringan komputer adalah sebuah system yang terdiri dari banyak komputer yang dapat saling berkomunikasi. Sebuah jaringan komputer tidak akan terbentuk tanpa adanya perangkat atau alat-alat untuk membangun sistem jaringan tersebut. Nah alat-alat atau perangkat tersebut dinamakan perangkat jaringan komputer.

Secara jelasnya lagi, perangkat jaringan komputer adalah sebuah satu kesatuan perangkat untuk membentuk sistem komunikasi yang baik pada sebuah jaringa komputer seperti LAN, WAN ataupun MAN. Perangkat tersebut adalah router, switch, hub, kartu LAN, gateway, modem, firewall hardware, CSU / DSU, terminal ISDN dan transceiver.

Ketika kita akan membangun sebuah jaringan komputer langkah pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan perangkat jaringan komputer yang tepat. Harus dipastikan bahwa antar perngkat satu dengan yang lain kompatibel agar jaringan bisa terbentuk dan komunikasi bisa berjalan dengan baik. 

Sebagian dari kita mungkin belum tahu tentang apa dan bagaimana serta fungsi dari masing-masing perangkat jaringan komputer di atas. Berikut saya jelaskan sedikit dari perangkat jaring komputer yang sering digunakan.

Mengenal 5 Macam Perangkat Jaringan Komputer
1. Router
Router adalah perangkat komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda secara logis dan fisik. Fungsi utama dari router adalah untuk pemilahan dan distribusi dari paket data dengan berdasarkan alamat IP. Router menyediakan konektivitas antara perusahaan bisnis, ISP dan infrastruktur internet, sehingga router merupakan sebuah perangkat utama.

2. Switch
Seperti router, switch adalah perangkat cerdas yang memetakan alamat IP dengan alamat MAC dari kartu LAN. Berbeda dengan hub, switch tidak menyiarkan data ke semua komputer, ia akan mengirimkan paket data hanya ke komputer yang ditentukan. Switch digunakan dalam LAN, MAN dan WAN. Dalam sebuah jaringan Ethernet, komputer secara langsung terhubung dengan switch melalui kabel twisted pair.

3. Modem
Modem adalah perangkat komunikasi yang digunakan untuk menyediakan konektivitas dengan internet. Modem bekerja dalam dua cara yaitu modulasi dan demodulasi.

4. LAN Card
Kartu LAN atau adapter jaringan adalah blok bangunan dari sebuah jaringan komputer. Komputer tidak dapat berkomunikasi tanpa kartu LAN yang terpasang dan dikonfigurasi. Setiap kartu LAN disediakan dengan alamat IP yang unik, subnet mask, gateway dan DNS (jika ada). Sebuah UTP / STP kabel menghubungkan komputer dengan hub atau switch. Kedua ujung kabel memiliki konektor RJ-45 yang dimasukkan ke dalam kartu LAN dan satu di hub / switch. Kartu LAN dimasukkan ke dalam slot ekspansi di dalam komputer.

5. Multiplexer
Multiplexer adalah perangkat yang digunakan untuk menggabungkan beberapa sinyal listrik menjadi satu sinyal.

Nah demikian kita sudah mengenal 5 macam perangkat jaringan komputer. Semoga ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita atau mungkin ada pelajar yang sedang mencari materi untuk makalah atau tugas TI lainnya, silakan di copy paste aja. Hehehe....