Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Terbaca Tapi Tidak Bisa Diformat



Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Terbaca Tapi Tidak Bisa Diformat | Flashdisk tidak terbaca oleh komputer? Bisa karena beberapa faktor. Bisa karena memang flasdisk sudah matot/ mati total atau memang ada kerusakan ringan pada flashdisk tersebut. Namun meskipun demikian, kalau flashdiks sudah tidak terbaca sama sekali, untuk memperbaikinya lumayan rumit.

Nah, untuk kali ini saya akan share tips dan trik sederhana saja seputar flashdisk. Yaitu bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang terbaca tapi tidak bisa diformat. Artinya, pada saat flashsdisk dicolokan ke komputer makan muncul drive flasdsisk tersebut. Namun ketika diklik makan sistem ameminta untuk menformat flasdisk tersebut. Akan tetapi, ketika kita klik format, sistem memberitahukan bahwa flashdisk tidak bisa diformat atau format tiak bisa dlakukan secara komplet. Al hasil setiap kita klik pada drive flasdisk tersebut kedjadin tersebut terus berulang.

Nah, mungkin anda sahabat, saudara atau handai tolah (hehehe....) pernah mengalami hal serupa. Eit, jangan dibuang dulu tuh flashdisk. Lebih baik kita coba aja dulu tips sederhana cara memperbaiki flasdisk tidak bisa diformat berikut ini.

Cara Memperbaiki Flasdisk Pertama
Solusi pertama kita coba gunakan sebuah tool bawaan windows. Kebetulan saya menggunakan windows 7. Dalam windows 7 ada sebuah tool yang berfungsi untuk melakukan partisi atau bagi ruang pada hardisk. Namanya adalah Tool Computer Management. Oke, kita akan menggunakan tool ini untuk memeprbaiki flasdisk rusak dengan kasus seperti saya sebutkan di atas.

Silakan anda buka control panel - masuk ke Administratif Tool - pilih atau klik computer management.

Oke, kalau flasdisk anda sudah tercolok maka akan langsung terbac di sini. Silakan anda klik kanan pada drive flasdisk yang akan diperbaiki. Kemudian silakan anda klik Shrink Volume (kalau flasdisk anda belum memiliki partisi, funsi ini untuk membuat ruang atau partisi pada flasdik maupun hardisk), kemudian klink next sampai proses pembuatan partisi selesai. Setelah selesai, kemudian klik kanan lagi pada drive flasdik anda kemudian klik Format. Ikuti langkah demi langkah sampai selesai.

Nah, dengan cara ini saja harusnya flasdisk anda sudah kembali bisa digunakan untuk menyimpan data-data penting anda. Tapi kalau belum juga bisa, kita coba cara kedua.

Cara Memperbaiki Flasdisk Kedua
Kalau pada cara pertama kita hanya mengandalkan tool bawaan  windows, untuk yang kedua ini kita menggunakan bantuan software. Apa sofware untuk memperbaiki flasdisk rusak yang kita gunakan? Namanya adalah URescue. 

Oke, sebelum beraksi silakan download URescue di sini. Cara menggunakannya sangat mudah. 
1. Silakan anda ekstrak file hasil download
2. Jangan lupa colokan flasdisk yang akan diperbaiki
3. Jalnkan prgram URescue.Exe
4. Tunggu beberpa saat, software akan membaca flasdisk anda
5. Kalau sudah keluar tampilan, silakan klik update
6. Tunggu sampai selesai
7. Setelah proses selesai, cabut flasdisk anda
8. Kemudian colokan kembali

Lihat apakah flasdisk anda sudah terbaca dan bisa diisi data. Kalau masih belum juga, mending beli baru aja deh. Pusing, saya aja yang nulis artikel ini pusing, apalagi anda yang memperbaiki flasdisk rusak sambil membaca artikel ini. Hehehe......

Demikian cara memperbaiki flasdisk tidak bisa format, semoga bermanfaat.