Mengapa Laptop Tidak Menangkap Wifi? Inilah Solusinya



Mengapa Laptop Tidak Menangkap Wifi? Inilah Solusinya | Laptop yang dilengkapi dengan wifi mamang sangat mengasyikan. Karena kita bisa berburu free hotspot dimana saja agar bisa internetan gratis. Tapi sangat menjengkelkan ketika wifi kita ternyata tidak berfungsi dan tidak bisa menangkap sinya.

Oke, sekarang mari kita bahas penyebab laptop tidak menangkap wifi beserta solusinya.

1. Wifi di disable atau dimatikan
Ini adalah kemungkiann pertama. .Untuk memastikan silakan cek di tray icon apakah ada icon wifinya. Pastikan kalau ada tidak ada tanda silang merah. Kalau belum ada silakan anda nyalakan melalui saklar atau biasanya touchscreen pada tanda wifi pada laptop.

2. Airplane dalam keadaan mode on
Masalah Laptop Tidak Menangkap Wifi juga bisa disebabkan oleh mode airplane on. Dalam mode ini laptop tidak akan menangkap sigal wifi sekalipun laptop dekat dengan sumber signal. Matikan mode ini sesuai dengan petunjuk laptop anda. Ini bisa berbeda pada merk laptop berbeda. 

3. Laptop terlalu jauh dari wireless routter atau acces point
Untuk mengatasi masalah Laptop Tidak Menangkap Wifi karena terlalu jauh ini, pindahkan laptop Anda lebih dekat ke router atau access point. Coba bergerak di sekitar router untuk menentukan jangkauan sinyal wifi dan tempat terbaik untuk menggunakan laptop Anda.
Jika Anda tidak bisa lebih dekat ke router atau titik akses, pertimbangkan untuk
Laptop Tidak Menangkap Wifi dengan membeli dan memasang antena eksternal untuk adaptor jaringan nirkabel Anda untuk meningkatkan penerimaan. 

4. Routter dan Adapter pada laptop tidak bekerja
Untuk bekerja, adapter jaringan di laptop Anda harus menggunakan standar nirkabel yang sama dengan atau lebih tua dari standar nirkabel router. Sebagai contoh, jika adaptor jaringan di laptop Anda menggunakan standar wireless 802.11n (juga disebut Wireless-N) tetapi router Anda menggunakan 802.11g (juga disebut Wireless-G), maka Laptop Tidak Menangkap Wifi karena Wireless-G standar versi sebelumnya dan tidak cocok dengan Wireless-N. Namun, jika router menggunakan Wireless-N tapi adaptor di laptop Anda menggunakan Wireless-G, Anda seharusnya dapat terhubung jika router diatur ke mode campuran, karena Wireless-N bekerja dengan beberapa atau semua standar sebelumnya (802.11 a, 802.11b, dan 802.11g)

5. Karena ada gangguan lain
Beberapa perangkat rumah dapat menyebabkan gangguan antara laptop dan jaringan yang mungkin dalam jangkauan. Misalnya, oven microwave, dan beberapa telepon cordless menggunakan frekuensi tertentu (termasuk 2,4 GHz dan 5 GHz) yang juga digunakan oleh beberapa perangkat keras jaringan.
Untuk mengatasi
Laptop Tidak Menangkap Wifi karena hal ini, ada dua hal yang dapat Anda coba:

  • Jika ada perangkat seperti ini dekat laptop Anda, mematikannya sementara atau pindahkan mereka lebih jauh.
  • Ubah pengaturan router atau jalur akses dengan menggunakan saluran nirkabel yang berbeda, atau atur saluran yang akan dipilih secara otomatis jika saat ini diatur untuk nomor saluran tetap. Kadang-kadang, satu saluran nirkabel bekerja lebih baik daripada beberapa. Periksa informasi yang menyertai router untuk petunjuk tentang pengaturan saluran sinyal nirkabel.
 6. Administrator jaringan memblokir penggunaan jaringan tertentu
Apabila ini terjadi maka Laptop Tidak Menangkap Wifi. Jika Anda berada di jaringan perusahaan, admin jaringan mungkin menggunakan Kebijakan Grup untuk mengontrol penggunaan jaringan nirkabel, hubungi admin jaringan Anda.

Nah ita adalah diantara penyebab dan solusi mengapa laptop tidak menangkap wifi.