Mengenali Masalah dan Memperbaiki Printer Sendiri

Mengenali Masalah dan Memperbaiki Printer Sendiri | Printer anda error? Printer anda tidak bisa mencetak? Printer anda bisa mencetak tapi hasil tidak sempurna? Ya, itu adalah macam-macam masalah yang terjadi pada printer. Bagaimana cara anda menyelesaikan masalah tersebut? Membawanya ke tukang servis?

STOP!!! Jangan dulu dibawa ke tukang servis deh. Kemungkinan kerusakannya hanya sangat sederhana. Apalagi kalau printer anda adalah bermerk canon. Biasanya masalahnya tidak jauh dari cartridge yang sudah tidak bekerja secara normal.

Kenalai masalah printer anda dan berusaha memperbaiki sendiri. Itu adalah langkah yang paling baik untuk anda. Selain bisa menambah pengalaman anda juga bisa menghemat budget anda.

Inilah macam-macam masalah printer dan cara memperbaikinya
1. Printer tidak bisa mencetak
Ketika printer tidak bisa mencetak pastikan bahwa printer benar-benar sudah on atau nyala. Periksa juga kalau kabel USB benar-benar sudah terpasang dengan baik pada komputer anda. Untuk mengeceknya silakan anda Klik Start ===> klik Printer and Device. Silakan cek pada device printer anda apakah statusnya Ready atau offline. Kalau ready berarti printer sudah tersambung dengan baik dan siap bekerja.

2. Printer bisa mencetak tapi tidak sempurna
Misalkan hasil cetakan putus-putus, atau ketika mencetak gambar warna tidak sempurna. Masalah utama yang menjadi tersangka adalah cartridge yang sudah tidak normal dalam mengeluarkan tinta. Hal ini bisa tejadi karena tinta pada cartridge sudah kosong atau juga lubang tinta tersumbat.

Cara mengatasi hasil cetakan tidak sempurna :
Lakukan cleaning, dengan cara masuk ke printer properties ==> maintenance ==> klik cleaning. Kalau cara ini tidak berhasila coba dengan pilihan Deep Cleaning.

Kalau cara di atas masih tidak berhasil silakan anda ambil cartridge dari printer dan rendam bagian bawahnya dengan menggunakan air panas kurang lebih 15 menit. Ambil dan tiriskan di atas tisu. Keringkan dengan tisu. Silakan isi ulang dengan tinta yang berkualitas baik.

3. Printer tidak bisa mencetak, lampu hijau dan merah nyala bergantian
Keadaan ini disebut juga dengan printer ngeblink. Yaitu lampu merah (power) dan hijau (reset) menyala bergantian secara terus menerus. Ketika berusaha mencetak komputer memberitahukan bahwa Ink Absorber full.

Masalah ini terjadi karena kuota cetak printer anda sudah habis. Itu artinya anda harus melakukan reset para printer anda. Untuk sementara anda bisa mengatasi ini dengan cara menekan tombol reset pada printer anda. Cara ini akan bekerja sampai pada beberapa waktu. Tapi pada masanya nanti printer tidak akan merespon sama sekali ketika ditekan tombol reset.

Apabaila ini terjadi maka, printer anda harus direset dengan menggunakan software resetter khusus. Panduan bagaimana cara mereset printer sudah saya sediakan untuk anda. Silakan buka artikel saya yang berjudul Download Resetter Printer Canon dan Cara Melakukan Reset Printer Canon.

4. Printer tidak bisa menarik kertas
Ada kalahnya printer tidak bisa menarik kertas seperti paperjam dan kalau di Canon MP258 makan akan menampilkan kode Error E03. Nah untuk mengatasinya silakan buka juga artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi Error E03 Canon MP 258.

Demikian cara mengenali masalah printer dan memperbaikinya sendiri. Semoga dengan artikel ini akan semakin menambah pengalaman anda dan semakin menghemat budget anda untuk biaya operasional mesin kerja anda.