Tips Microsoft Excel : Menjumlahkan Nilai Berdasarkan Kriteria Tertentu

Tips Microsoft Excel : Menjumlahkan Nilai Berdasarkan Kriteria Tertentu ~ Dalam pengolahan data tidak lepas dari penjumlahan sebuah nilai. Kalau untuk menjumlah biasa (menjumlah nilai dalam satu range) maka bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menggunakan formula SUM.

Tapi ada kalanya kita harus menjumlah sekelompok nilai yang berdasarkan karakter tertentu. Misal, anda memiliki data barang dengan nilai beragam. Nah anda ingin mendapatkan jumlah dari barang tertentu saja, maka anda bisa menggunakan formula SUMIF.

SUMIF adalah sebuah fungsi untuk menjumlahkan nilai-nilai yang terdapat pada suatu range data, namun range yang diambil didasarkan pada suatu pengkondisian atau filter yang ditentukan oleh kita.

Syntax dari fungsi SUMIF adalah sebagai berikut :


SUMIF(range, criteria, [sum_range])

Keterangan :
  • range : adalah range dari cell-cell yang ingin kita evaluasi berdasarkan kriteria yang akan kita tentukan.
  • criteria : kondisi atau aturan filter yang ingin kita gunakan.
  • sum_range : jika ini disebutkan maka range ini yang akan jadi acuan untuk mengambil nilai, tetapi posisinya sesuai dengan kolom - baris dari range yang terfilter.

Contoh Penggunaan

  1. Sebagai contoh, kita memiliki data range seperti terlihat di bawah ini  (A2:D10). Yang ingin kita lakukan adalah mengambil total dari Kacang saja kemudian ditempatkan hasilnya pada D11.

  2. Tempatkan cursor pada cell D11 dan ketikkan formula berikut :

    =SUMIF(D3:D10,"=Kacang",C3:C10)

    ini artinya dari range kriteria dari D3:D10, kita mengambil yang nilainya Kacang saja. Setelah itu ambil range nilai yang akan dijumlah yaitu C1:C10.

  3. Hasilnya akan terlihat sebagai berikut. Nilai 15 didapatkan sebagai total jumlah untuk Kacang saja.

  4. Selesai
Sumber : http://www.belajarexcel.info/2011/06/contoh-penggunaan-fungsi-sumif.html