Pengetahuan Dasar Jaringan Komputer (Pengertian, Manfaat, dan Jenis Jaringan)

Pengetahuan Dasar Jaringan Komputer (Pengertian, Manfaat, dan Jenis Jaringan) | Sudah lumayan lama saya tidak share seputar jaringa komputer. Saya sebagian besar orang sudah tidak asing dengan apa yang dinamakan jaringan komputer. Namun, tidak dipungkiri juga masih banyak orang yang tidak faham dengan apa yang dimaksud dengan jaringan komputer. Untuk itu artikel ini dipublishs untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memahami apa itu jaringan komputer, atau mungkin ada adik-adik pelajar yang sedang mencari materi tentang pengertian jaringan komputer, maka saya beri judul artikel ini pengetahuan dasar jaringan komputer (pengertian, manfaat dan jening jaringan komputer).

Pengertian Jaringan Komputer

Jarinan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung melalui sebuah kabel dan atau switch dan hub. Jadi, apapun itu kalau ada komputer yang saling berhubungan maka itu sudah bisa dikatakan sebagai jaringan komputer.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Seperti pada pembahasan diatas jenis-jenis jaringan komputer dibagi menjadi beberapa cakupan areanya yaitu jenis LAN, MAN, dan WAN.

1. Local Area Network (LAN)
Networking-LAN
Jaringan Local Area Network (LAN) merupakan jaringan yang cukup populer karena jaringan jenis ini jaringan yang kecil, 2 komputer saja yang saling terhubung bisa disebut dengan LAN. Biasanya jaringan LAN banyak digunakan oleh Warnet, kantor, kampus, sekolah, rumah, gedung dan sebagainya.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
jaringan-metropolitan-area-network
Jaringan Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan dalam satu kota, jaringan MAN ini meliputi transfer data berkecepatan tinggi antar kota, kampus, kantor cabang, gedung dengan gedung dan lain sebagainya. Jaringan MAN ini merupakan gabungan dari jaringan LAN yang hanya satu gedung atau satu lokasi.
3. Wide Area Network (WAN)
jaringan-wide-area-network
Jaringan Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan yang cukup besar karena jaringan jenis ini menggunakan beberapa router yang terhubung antara satu dengan yang lainnya, dan jika sobat menggunakan modem untuk koneksi internet maka sobat sudah bisa dikatakan sebagai jaringan WAN. Jenis jaringan WAN ini meliputi koneksi antar wilayah kota, provinsi, bahkan dunia.

Dalam jaringan juga dikenal adanya perbedaan berdasarkan pengkabelan. Dalam hal ini dikenal ada beberapa perbedaan, yaitu :
  • Topologi Bus
  • Topologi Star (Bintang)
  • Topologi Mesh
  • Topologi Tree (Pohon)
  • Topologi Linier
  • Topologi Cincin
Untuk pemabahasan lengkap tentang jenis-jenis toplogi di atas, silakan anda buka artikel saya Mengenal Topologi Jaringan Komputer LAN.

Manfaat Jaringan Komputer


Manfaat dari jaringan komputer yaitu dapat kita rasakan yaitu dengan mempermudahkan kita untuk bisa saling berbagi data, file, printer, harddisk, berkomunikasi dan periperal lainnya.Semuanya dapat kita sharing tanpa adanya hambatan dan dengan adanya jaringan komputer sangat mempersingkat dan mempermudah pekerjaan kita.

Kerugian Jaringan Komputer

Dengan adanya jaringan komputer sebenarnya ada sedikit kerugiannya yaitu masalah keamanan (security), jika ada satu komputer terserang virus maka komputer yang terhubung dengannya juga akan terkena dampaknya. Dan satu hal lagi yaitu jika kita mempunyai file pribadi maka dengan mudahnya komputer yang terhubung dengannya akan lebih mudah membukanya, kecuali sobat telah memberikan permission yang komputer lain tidak bisa membuka, hanya komputer pengguna tersebut yang bisa.

Nah itu adalah pengetahuan dasar jaringan komputer yang meliputi pengertian, manfaat dan jenis jaringan, semoga bisa membantu anda yang sedang mebutuhkan pengetahuan atau materi ini untuk berbagai keperluan.