Cara Menggunakan Formula di Tabel Microsoft Word

Cara Menggunakan Formula di Tabel Microsoft Word | Formula pada tabel microsoft word berfungsi untuk melakukan operasi hitung, misal penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain sebagainya. Kalau anda sering melakukan penghitungan dengan menggunakan formula pada microsoft excel, maka dalam tabel microsoft word juga tidak jauh berbeda.

Kunci dalam melakukan operasi penghitungan pada tabel microsoft word adalah mengetahui letak sebuah angka ada pada cell apa. Anda tentu tahu apa yang dimaksud denagn cell. Yaitu adalah pertemuan antara garis horizontal dan vertikal atau pertemuan antara baris dan kolom. Sama halnya dengan kolom-kolom yang terdapat pada microsoft excel, tabel pada microsoft word juga memiliki cell tersebut. Cuma bedanyam, pada tabel microsoft word tidak ada penanda baris 1,2,3 dan seterusnya dan kolom A,B,C dan seterusnya. Makanya kita harus menandai sendiri pada baris dan kolom tersebut. Lebih jelasnya lihat pada gambari di bawah ini.
Lihat, karena tabel microsoft word tidak memiliki penanda baris dan kolom maka setiap cell langsung memiliki namanya sendiri tergantung pada letak baris dan kolom tersebut. Cell A1, artinya ada pada kolom A dan baris ke-1 dan seterusnya. Inilah yang nantinya akan menjadi patokan penggunaan formuala pada tabel microsoft word.

Cara Menggunakan Formula Pada Tabel Microsoft Word

Tabel di atas merupakan contoh kasus yang akan kita kerjakan. Misal kita akan menjumlahkan angka yang ada pada baris ke1 (A1,B1 dan C1). Letakan kursor pada cell D1, kemudian klik Layout dan Klik Formula sehingga muncul dialog box seperti tampak pada gambar di bawah ini 
Lihat formula yang dihasilkan adalah =SUM(LEFT) artinya kita akan menjumlahkan angka yang ada di sebelah kiri cell dimana formula diletakan yaitu cell A1,B1 dan C1. Silakan klik OK. Lihat hasilnya.

Apabila kita akan menjumlahkan dari atas ke bawah, maka tinggal taruh kursor pada cell (misal A4) klik layaout dan klik formula, maka formula yang dihasilkan adalah =SUM(ABOVE).

Formula di atas bisa anda ganti sesuai kebutuhan. Misal mau mencar rata-rata dari sejumlah range data, maka SUM diganti dengan AVERAGE.

Lalu bagaiman caranya menjumlahkan angka pada cell tertentu saja. Misal, kita akan menjumlahkan angka yang ada pada Cell A1 dan A3 saja. Maka silakan anda lakukan langkah seperti di atas yaitu klik Layout dan klik Formula, kemudian anda ganti yang ada dalam kurung (LEFT) atau (ABOVE) dengan letak cell yang akan di jumlahkan. Sehingga formulanya menjadi seperti ini =SUM(A1;A3). Silakan klik OK dan lihat hasilnya.

Catatan Penting :
Pada saat menjumlahkan angka pada cell tertentu, saya membuat pemisal antar cell dengan tanda titik koma (;) ini karena komputer saya menggunakan regional setting Indonesia, kalau anda menggunakan regional setting USA maka silakan ganti titik koma dengan koma.

Nah itu adalah cara menggunakan formula pada tabel microsoft word. Cara ini bisa diterapkan di semua microsoft word (word 2003, word 2007, word 2010 dan word 2013). Dengan mengetahui cara ini, maka pengerjaan data pada tabel microsoft word menjadi lebih mudah seperti layaknya di microsoft excel. Sekian, semoga bermanfaat,