Tips Microsoft Excel Membuat Cell Berwarna Otomatis Jika Nilai Input Salah

Tips Microsoft Excel Membuat Cell Berwarna Otomatis Jika Nilai Input Salah | Tapi tips microsoft excel ini sangat penting peranannya dalam proses input data agar terhindar dari kesalahan. Tips microsoft excel satu ini jarang sekali orang yang mengetahuinya dan menggunakannya. Dengan menggunakan tips ini pengguna akan terhindar dari kesalahan input data. Misal kita sudah menetapkan angkan yang boleh diinput hanya antara 1 - 4 (seperti pada raport kurtilas), nah jika diinput lebih dari nilai 4 maka cel akan berwarna secara otomatis. Itu artinya memberikan peringatan kepada penginput data bahwa data yang dimasukan adalah salah. Atau juga bisa sebagai tanda bahwa nilai yang dihasilkan belum mencapai target nilai (dalam istilah kuriklum adalah KKM).

Microsoft excel memiliki fitur untuk melakukan ini secara otomatis, tanpa menggunakan rumus ini itu dan panjang banget. Cukup klik dan klik saja, maka fungsi ini sudah bisa beraksi. Sangat mudah, asal anda tahu cara menggunakan fitur ini. Fitu ini namanya Conditional Formatting.

Cara memberikan warna otomatis pada cell jika nilai input salah
1. Blog cell yang akan dijadikan input nilai
2. Klik Home
3. Klik Conditional Formatting
4. Klik Hight Cell Rules
5. Klik Greater Than (lebih besar dari)
6. Masukan angka yang anda inginkan (misal 4) dan pilih warna yang anda inginkan
7. Klik OK

Dengan cara ini setiap cell diberi angkat lebih dari 4 (5 ke atas) maka cell otomais akan menjadi berwarna. Hal ini memberi tanda pada penginput data bahwa nilai yang dimasukkan salah.

Tips ini juga bisa digunakan memberi tanda data yang belum mencapai target, misal dalam rapot belum mencapai KKM atau belum lulus. Caranya masih sama dengan yang diatas hanya bedanya pada langkah nomor 5 anda memilik Less Than (kurang dari). Masukan nilai target (misal nilai KKM). Maka jika cell tersebut nilainya tidak mencapai target (kurang dari) yang sudah anda tentukan otomatis akan menjadi berwarna.

Demikian Tips Microsoft Excel Membuat Cell Berwarna Otomatis Jika Nilai Input Salah, mohon maaf tips ini tidak disertai dengan screen shoot. Tapi saya yakin meskipun tanpa screen shoot anda bisa menjalankan tips ini dengan mudah.