Tips Berbagi File dan Printer


Sesuai janji saya pada postingan yang berjudul Belajar Membuat Jaringa LAN Secara Sederhana, bahwa saya akan meneruskan postingan tersebut ke tip berbagi file dan printer, maka saat ini saat mood saya kembali stabil, saya ingin menulis tentang hal berbagi file dan printer.

Berbagi File dan Printer atau Istilah Komputernya Share File and Printer adalah berbagi sumber file dan printer dari komputer 1 agar bisa digunakan di komputer yang lain yang terhubung dalam sebuah jaringan LAN (Local Area Network). Hal ini sangat berguna untuk melakukan efektifitas kerja dan efisiensi biaya. Efektifitas kerja bisa terjadi karena kita bisa mengakses file pada komputer lain dari komputer kita tanpa harus menggunakan media penyimpan lain untuk memindahka data semisal flashdisk, sehingga proses kerja semakin cepat. Efisiensi terjadi karena kita bisa menhemat pembelian hardware, contoh kita tidak perlu membeli dua printer untuk dua komputer, tapi cukup satu printer dan tidak perlu memindah-mindahkan dari komputer 1 ke komputer yang lain.

Upssss!!!! Kok malah ngasih kuliah sih...... Sorry bro... Terlalu asyik ngetik jadi ngelantur deh. Langsung aja ke Tips Berbagi File dan Printer. Yang pertama adalah cara berbagi sumber file agar bisa diakses dan digunakan dari komputer lain. Seperti pada postingan sebelumnya Belajar Membuat Jaringa LAN Secara Sederhana, maka kali ini kita beranalogi hanya ada dua kompute dalam jarigan LAN. Anggap saja komputer 1 sebagai komputer host yang memiliki file dan printer yang akan di share, dan komputer 2 sebagai client.

Tips Berbagi File, umpamanya file yang akan kita share ada pada drive “D” dan anggap saja kita akan membagi seluruh file dan folder yang ada di drive “D” tersebut. Caranya :
1. Klik kanan pada drive “D”
2. Pilih atau klik share and security
3. Klik If you understand the risk but stil dst (males nulis)
4. Centang Share this folder on the network
5. Klik OK

Tips Berbagi Printer
1. Klik Start, klik Printer and Faxes
2. Klik kanan pada model printer yang akan kita share Klik Sharing
3. Centang Share this printer
4. Klik OK

Nah begitulah kira-kira cara berbagi file dan printer, semog bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Yang sudah tahu dan lebih berpengalaman mohon melengkapi tulisan ini dengan memberikan komentar pada tulisan ini. Ucapan terima kasih yang sangat mendalam dari saya apabila sobat mau melengkapi tulisan ini dengan pengalaman sobat.