Tips Microsoft Excel | Cara Menghitung Umur Sekarang

Cara menghitung umur pada Microsoft excel, mungkin ini anda butuhkan ketika anda ingin menghitung umur siswa atau umur siapa saja pada data Microsoft excel. Contoh seorang guru ingin mengetahui umur dari semua siswa yang ada, tentu akan memakan waktu yang lama kalau kita menghitungnya secara manual menggunakan oret-oretan di kertas. Nah gunakan program Microsoft excel untuk melakukan penghitungan umur dengan mudah.

Contoh data
Nomor
Nama
Tanggal Lahir
Umur
1
ADI
07-10-2007

2
ANI
16-09-2008

3
ANA
23-06-2006

4
ACA
17-08-2005


LIhat contoh data di atas. Sudah ada data nomor, nama dan tanggal lahir. Yang belum terisi adalah umur dari data anak tersebut. Bagaimana cara mengisinya dengan menggunakan rumus pada Microsoft excel?

Logikanya sederhana, yaitu untuk mendapatkan umur siswa sekarang adalah tanggal sekarang dikurangi tanggal lahir. Nah bagaimana caranya untuk memasukkan tanggal sekarang pada rumus? Mari kita lihat dan pelajari bersama.

Rumus Menghitung Umur pada Microsoft Excel
Misal, kolom tanggal lahir berada pada cell C1, maka rumus yang kita gunakan untuk mengisi cell D1 (kolom umur) adalah sebgai berikut.
=(NOW()-C1)/365

Keterangan :
-          Kode dengan warna merah NOW() adalah rumus untuk mendapatkan tanggal sekarang.
-          C1 adalah cell dimana data tanggal lahir ada
-          365 adalah jumlah hari dalam satu tahun

Nah demikian cara menghitung umur pada Microsoft excel. Rumus ini bisa diterapkan pada Microsoft excel semua versi. Semoga dapat bermanfaat membantu memudahkan pekerjaan anda. Kalau anda butuh rumus-rumus Microsoft excel lainnya silakan minta pada saya dengan mengisi form komentar di bawah ini.