Tips Microsoft Excel | Memberi Warna Cell Berdasarkan Nilai Tertentu


Halo… para pembelajar microsoft excel yang budiman. Hehe… pagi-pagi gini saya menyapa para pembelajar microsoft excel dulu. Hari ini saya akan posting kembali artikel yang berkaitan dengan tips dan trik microsoft excel. Udah lumayan lama ya saya tidak membahas tentang tips dan trik microsoft excel. Apa tips microsoft excel yang akan kita bahas kali ini?

Memberi Warna Cell Berdasarkan Nilai Tertentu
Oke, itu yang akan kita bahas kali ini. Biar pembahasannya lebih mudah, terlebih dahulu saya tampilkan screen shot hasil dari data yang sudah diberi warna berdasarkan nilai ranking di bawah ini.

Pada gambar di atas ada dua cell yang memiliki tanda warna, yaitu kolom ranking dan kolom indikasi warna. Dari kedua kolom tesebut cara membuatnya sama cuma beda memilih cara penadaan saja. Yang satu (kolom ranking) menggunakan penandaan warna saja sedangkan pada kolom indikasi warna menggunakan warna dengan Icon.

Warna-waran cell di atas dimaksudkan untuk menandai sebuah nilai. Misal nilai 10 besar (top 10) berwarna hijau, kemudian 10 nilai berikutnya berwarna kuning, sepuluh berikutnya berwarna merah dan 10 nilai terjelek warna hitam. Dengan memberikan tanda seperti ini dengan mudah kita bisa membaca data mana yang masuk kategori terbaik, baik, cukup, dan kurang. Tips microsoft excel seperti ini bisa diterapkan pada kalkulasi nilai hasil ulangan seperti yang saya lakukan di atas.

Bagaimana Cara Membuat Warna Cell Berdasarkan Nilai Tertentu?
Sangat mudah!!! Setelah anda membuat datanya secara benar. Silakan lakukan langkah-langkah di bawah ini.
1. Blok Cell Data yang akan diberi tanda warna
2. Klik Home
3. Klik Conditional Formatting

4. Pilih di menu di antara tiga berikut (Data Bars, Color Scales, Icon Sets)
5. Silakan bereksplorasi atau mengembangkan sendiri.

Keterangan :
Data bars = menampilkan warna dengan panjang gradasi berbeda sesuai dengan value yang ada pada cell
Color Scales = menampilkan warna utuh full 1 Cell berdasarkan karakter value pada cell
Icon Sets = menampilkan tanda warna dengan icon